Asuhan Keperawatan

Dunia Askep dan Tips Trik Komputer: Keperawatan Profesional

Welcome to My Blog

Selamat Datang di Blog Ini.
Blog ini masih dalam masa perkembangan dan menuju kesempurnaan, agar blog ini lebih berkembang mohon Kritik dan Sarannya.

Blogger sangat berterima kasih karena ANDA mau mengunjungi Blog ini.

"Blog ini tidak akan berkembang tanpa dukungan dan kerja sama dari ANDA."

Terima kasih!!


Mau Jadi Publisher (Penerbit) atau Advertiser (Pemasang) IKLAN??? Klik disini..!!!


Mau berbisnis?? Klik link-link di bawah ini!!

Mau Dapat Uang Gratis, Download caranya disini...

AdsenseCamp

Graha DBS

Anda Pengunjung Ke :

Buku Tamu Blogger

Dimohon ke pada para pengunjung Blog ini untuk mengisi "BUKU TAMU BLOGGER" yang ada di sebelah kanan agar blogger tahu bahwa Anda bukan robot yang mengunjungi blog ini..

Minggu, 18 Juli 2010

Keperawatan Profesional

A. Pengertian Keperawatan Profesional
Perawat professional mencakup perawat ahli madya, perawat ahli, ners, ners special, dan ners konsultan.
Praktik keperawatan professional adalah tindakan mandiri perawat professional melalui kerjasama bersifat kolaboratif dengan pasien dan tenaga kesehatan lainnya dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai lingkup wewenang dan tangggungjawab.
Sedangkan sesuai dengan penjelasan di depan, Pengembangan Manajemen Kinerja (PMK) perawat adalah suatu upaya peningkatan kemampuan manajerial dan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di sarana/ institusi pelayanan kesehatan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang bermutu

B. Tujuan Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas

Tujuan umum

Meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di sarana/institusi pelayanan kesehatan (puskesmas).

Tujuan Khusus :
a. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan perawat;
b.Meningkatnya kepatuhan penggunaan standar dalam melakukan pelayanan keperawatan;
c. Meningkatnya kemampuan manajerial pelayanan keperawatan;
d. Meningkatnya pelaksanaan monitoring kinerja perawat berdasarkan indikator kinerja yang disepakati;
e. Meningkatnya kegiatan diskusi refleksi kasus (DRK) keperawatan;
f. Meningkatnya mutu asuhan keperawatan; dan
g. Meningkatnya kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.

C. Prinsip-prinsip Keperawatan Profesional di Puskesmas
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam standar keperawatan di puskesmas mencakup:
1. Komitmen
Komitmen dapat diartikan sebagai janji atau tanggung jawab . Hal ini dapat diartikan bahwa setiap orang/pihak/institusi yang berkomitmen terhadap Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas berjanji untuk melaksanakan Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas tersebut. Adanya komitmen ini sangat diperlukan mulai dari tingkat pimpinan/pengambil keputusan di pemerintahan kabupaten/kota, dinas kesehatan kabupaten/kota, rumah sakit, puskesmas, IBI, PPNI dan institusi lain yang terkait dengan pelaksanaan Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas. Komitmen ini merupakan salah satu komponen yang dapat menjaminkesinambungan kegiatan.
2. Kualitas
Pelaksanaan STANDAR KEPERAWATAN PROFESIONAL DI PUSKESMAS diarahkan untuk meningkatkan kualitas SDM keperawatan dan kebidanan meliputi kinerja dan hasil pelayanannya. Dengan meningkatnya kualitas tenaga perawat diharapkan akan tercermin dalam kinerja sehari-hari di tempat kerja. Peningkatan kinerja perawat akan mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan menjadi lebih baik sehingga akan memperbaiki citra pelayanan keperawatan di sarana pelayanan kesehatan
3. Kerja Tim
Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas tidak hanya ditujukan kepada perawat tetapi juga mendorong adanya kerjasama kelompok (team work) antar tenaga kesehatan (perawat, bidan, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya). Kerjasama tim merupakan salah satu penentu keberhasilan pelayanan kesehatan.
4. Pembelajaran Berkelanjutan
Di dalam penerapan Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas memberi kondisi terjadinya pembelajaran berkelanjutan yang emungkinkan setiap individu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga dapat mengikuti perkembangan IPTEK.
5. Efektif dan Efisien
Dengan menerapkan Standar Keperawatan Profesional di Puskesmas maka perawat dapat bekerja secara efektif dan efisien karena mereka bekerja sesuai dengan standard dan uraian tugas serta diikuti dengan monitoring dan evaluasi yang dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan. Adanya kejelasan tugas memungkinkan setiap orang bekerja pada area yang telah ditetapkan.

D. Hubungan PMK dan Standar Keperawatan di Puskesmas

Puskesmas telah dilengkapi dengan perangkat manajemen yang terdiri dari perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengawasan, pengendalian dan pertanggungjawaban. Kepala Puskesmas bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan penanggungjawab program dalam pelaksanaan PMK dan mengintegrasikan PMK dalam manajemen Puskesmas untuk menjaga kesinambungannya.

a. Tujuan:
1) Memastikan pelayanan sesuai dengan standar/pedoman;
2) Mengetahui hambtan dan permasalahan yang dihadapi oleh petugas;
3) Melakukan upaya perbaikan dan peningkatan;
b. Teknik pemantauan dilaksanakan melalui:
1) Pengamatan langsung;
2) Pengamatan dokumen;
3) Diskusi kelompok terarah;
4) Survey pengguna jasa;
c. Waktu pelaksanaan Pemantauan dan penilaian dilaksanakan secara berkala, sekurangnya sekali dalam sebulan.
Untuk menjaga kelangsungan dan kualitas penerapan PMK di rumah sakit dan puskesmas pasca pelatihan PMK, perlu dilaksanakan pemantapan di masing-masing institusi baik oleh pelaksana keperawatan/kebidanan itu sendiri maup un oleh pimpinan institusi dan pimpinan wilayah. Pemantapan PMK di rumah sakit dan puskesmas meliputi pelaksanaan PMK pasca pelatihan, supervisi, dan monitoring dan evaluasi.
a. Pelaksanaan komponen PMK oleh perawat dan bidan
Setelah melalui proses pelatihan PMK baik di kelas dan di lapangan (rumah sakit/puskesmas) dilanjutkan dengan penerapan nyata di institusi masing-masing. Perawat dan bidan diharapkan untuk selalu menggunakan standar/SOP dalam melaksanakan tugas disamping melaksanakan uraian tugas yang telah dimiliki oleh masing-masing personel. Perawat dan bidan kordinator melaksanakan fungsi monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan keperawatan dan kebidanan berdasar pada indikator kinerja yang telah dimiliki dengan menggunakan instrumen penilaian inerja. Diskusi refleksi kasus dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali untuk membahas permasalahan dan temuan aktual serta keberhasilan yang telah dicapai. Dokumentasi hasil pelayanan keperawatan dan kebidanan perlu ditingkatkan pelaksanaannya sehingga dapat dimiliki pertanggung jawaban legal dan sebagai bahan untuk perencanaan pelayanan keperawatan dan kebidanan.
b. Supervisi dan bimbingan
Untuk menjaga sustainabilitas PMK dalam penerapannya di rumah sakit dan puskesmas diperlukan supervisi yang terarah dan terencana. Supervisi ini dilaksanakan secara berjenjang dan berlanjut di setiap tingkatan. Kordinator perawat dan bidan melaksanakan supervisi klinik kepada perawat dan bidan pelaksana dalam melaksanakan pelayanan kesehatan. Melalui supervisi ini diharapkan terjadi peningkatan kinerja setelah dilakukan bimbingan klinis terhadap adanya penyimpanganpenyimpangan penerapan SOP maupun uraian tugas. Bimbingan manajerial dilaksanakan oleh pimpinan keperawatan atau pimpinan institusi terhadap proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan keperawatan dan kebidanan. Bimbingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota perlu dilaksanankan secara terencana dan berkesinambungan untuk meningkatkan proses kinerja administrative penerapan PMK perawat dan bidan
c. Monitoring dan evaluasi
Monitoring dan evaluasi PMK ditujukan untuk menilai sejauh mana pencapaian indikator kinerja pelayanan keperawatan dan kebidanan. Untuk ditingkat operasional, monitoring evaluasi ilaksanakan oleh kordinator perawat dan bidan terhadap perawat dan bidan pelaksana dengan mengunakan instrumen monitoring evaluasi serta perlu direncanakan secara matang. Pimpinan keperawatan/kebidanan yang lebih tingi atau pimpinan tertinggi institusi melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap jajaran manajerial di bawahnya untuk memantau danme nilai sejauh mana indikator administratif dan klinis telah tercapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Graha DBS n Th3 Hack3r

AdsenseCamp