Asuhan Keperawatan

Dunia Askep dan Tips Trik Komputer: Konsep Manajemen Keperawatan

Welcome to My Blog

Selamat Datang di Blog Ini.
Blog ini masih dalam masa perkembangan dan menuju kesempurnaan, agar blog ini lebih berkembang mohon Kritik dan Sarannya.

Blogger sangat berterima kasih karena ANDA mau mengunjungi Blog ini.

"Blog ini tidak akan berkembang tanpa dukungan dan kerja sama dari ANDA."

Terima kasih!!


Mau Jadi Publisher (Penerbit) atau Advertiser (Pemasang) IKLAN??? Klik disini..!!!


Mau berbisnis?? Klik link-link di bawah ini!!

Mau Dapat Uang Gratis, Download caranya disini...

AdsenseCamp

Graha DBS

Anda Pengunjung Ke :

Buku Tamu Blogger

Dimohon ke pada para pengunjung Blog ini untuk mengisi "BUKU TAMU BLOGGER" yang ada di sebelah kanan agar blogger tahu bahwa Anda bukan robot yang mengunjungi blog ini..

Selasa, 22 Februari 2011

Konsep Manajemen Keperawatan


KONSEP  MANAJEMEN KEPERAWATAN

A.PENGERTIAN
     Manajemen  merupakan suatu pendekatan yang dinamis dan proaktif dalam menjalankan suatu kegiatan di organisasi. Dimana di dalam manejemen tersebut mencakup kegiatan koordinasi dan supervise terhadap staf, sarana dan prasarana  dalam mencapai tujuan organisasi (Grand & Massey).Manajemen juga diartikan sebagai suatu organisasi bisnis ytang menfokuskan pada prokdusi dan dalam banyak hal lain untuk menghasilkan suatu keuntungan.
     Menurut Gillies (1986)  Manajemen didefinisikan sebagai suatu proses dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
     Manajemen keperawatan adalah suatu proses dalam menyelesaikan pekerjaan melalui anggota staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan secara prifesional. Disini manejer keperawatan dituntut untuk merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengevakuasi sarana dan prasarana yang tersedia untuk dapat memberikan asuhan keperawatan yang seefektif dan seefisien mungkin bagi individu, keluarga, dan masyarakat.
      Manajemen keperawatan dapat diartikan sebagai pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman, kepada individu, kelurga, kelompok dan masyarakat.


B.PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN KEPERAWATAN
Prinsip-prinsip manajemen menurut Fayol adalah:
a. Division of work (pembagian pekerjaan)
b. Authority dan responsibility (kewenangan dan tanggung jawab)
c. Dicipline (disiplin)
d. Unity of command (kesatuan komando)
e. Unity of direction (kesatuan arah)
f. Sub ordination of individual to generate interest (kepentingan individu        tunduk pada kepentingan umum)
g. Renumeration of personal (penghasilan pegawai)
h.Centralization (sentralisasi)
i. Scalar of hierarchy (jenjang hiraki)
 j.Order (ketertiban)
k.Stability of tenure of personal (stabilitas jabatan pegawai)
l.Equity (keadilan)
m.Inisiatif (prakarsa)
n.Espirit de Corps (kesetiakawanan korps)


 Prinsip prinsip yang mendasari manajemen keperawatan
a.Manajemen seyogyanya berlandaskan perencanan karena melalui fungsi perencaan, pimpinan dapat menurunkan resiko pengambilan keputusan, pemecahan masalah yang efektif dan terencana.
b.Manajemen keperawatan dilaksanakan melalui penggunaan waktu yang efektif.Manajer keperawatan yang menghargai waktu akan menyusun perencanaan yang terprogram dengan baik dan melaksanakan kegiatan  sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
c.Manajemen keperawatan akan melibatkan pengambilan keputusan. Berbagai situasi maupun permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan keperawatan memerlukan pengembilan keputusan diberbagai tingkat manajeria.
d.Memenuhi kebutuhan asuhan keperawatan pasien merupakan fokus perhatian manajer perawat dengan mempertimbangkan apa yang pasien lihat, pikir, yakini dan ingini.Kepuasan pasien merupakan poin utama dari seluruh tujuan keperawatan.
e.Manajemen keperawatan harus terorganisir.Pengorganisasian dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan.
f.Pengarahan merupakan elemen kegiatan manajemen keperawatan yang meliputi proses pendelegasian, supervisi, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan rencana yang telah diorganisasikan.
g.Divisi keperawatan yang baik memotivasi karyawan untuk memperlihatkan penampilan kerja yang baik.
h.Manajemen keperawatan menggunakan komunikasi yang efektif.Komunikasi yang efektif akan mengurangi kesalahpahaman dan

memberikan persamaan pandangan, arah dan pengertian diantara pegawai.
i.Pengembangan  staf penting untuk dilaksanakan sebagai upaya persiapan perawat-perawat pelaksana menduduki posisi yang lebih tinggi atau upaya manajer untuk meningkatkan pengetahuan karyawan.
j.Pengendalian murupakan elemen manajemen keperawatan yang meliputi penilaian tentang pelaksanaan rencana yang telah dibuat, pemberian instruksi dan menetapkan prinsip-prinsip melalui penetapan standar,  membandingkan penampilan dengan standar dan memperbaiki kekurangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Graha DBS n Th3 Hack3r

AdsenseCamp